Back to Opportunities

Meliput Polusi Udara di Jakarta, Indonesia

Panggilan untuk proposal

Published on
01 Sep 2022
28 September 2022, 11:59 PM, WIB (Extended Deadline) info.ejn [at] internews.org
Internews’ Earth Journalism Network (EJN) mengundang jurnalist di Jakarta untuk mengajukan hibah untuk meliput isu polusi udara di Jakarta. 

Mohon baca bagian dibawah ini dengan seksama karena memuat informasi penting tentang kelayakan dan proses aplikasi.

Polusi udara adalah salah satu tantangan terbesar di Indonesia dan seluruh dunia, yang merupakan ancaman serius bagi kesehatan manusia, ekonomi, dan keseimbangan ekologi secara keseluruhan. Data stasiun pemantauan kualitas udara (SPKU) Dinas Lingkungan Hidup Kebun Jeruk menunjukkan, pada 2019, Jakarta mengalami kualitas udara buruk selama 8 hari di mana level PM 2.5 berada di atas 200.

Di Indonesia, Jakarta merupakan tulang punggung negara yang menyumbang ~16% pengembangan ekonomi nasional (BPS, 2019). Hal ini tentunya menjadi faktor utama yang mendorong pesatnya pertumbuhan penduduk dan aktivitas anthropogenic yang menghasilkan polutan udara.

Polusi udara dan risiko kesehatan masyarakat yang terkait telah menarik perhatian para pembuat kebijakan dan peneliti, namun ada kekurangan dalam pemahaman bersama tentang masalah kompleks ini oleh berbagai pemangku kepentingan.

Laporan tahun 2017 yang diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di WHO South-East Asia Journal of Public Health mengungkapkan bahwa polusi udara merupakan salah satu masalah yang paling sedikit dilaporkan, dan sebagian besar pelaporan hanya memaparkan satu dimensi, dan terkadang bahkan menyesatkan. Pemberitaan yang terbatas tersebut – dipelajari dalam konteks media di India tetapi juga dapat diterapkan di Indonesia – dapat disebabkan oleh sifat kompleks ilmu polusi udara dan hambatan dalam memahami data kualitas udara, serta tidak memadainya informasi yang tersedia bagi jurnalis.

Temuan Penilaian Ekosistem Informasi yang dilakukan oleh Internews di Jakarta di bawah proyek Clean Air Catalyst (Catalyst) juga menyoroti kesenjangan informasi yang ada tentang polusi udara di kalangan masyarakat dan merekomendasikan agar media, organisasi masyarakat sipil, dan lembaga pemerintah dapat mengkonsolidasikan upaya mereka untuk menjembatani kesenjangan ini termasuk mendidik masyarakat tentang kesalahan persepsi.

Catalyst merupakan program unggulan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) yang dipimpin oleh World Resources INstitute dan Environmental Defense Fund untuk mempercepat solusi udara bersih dengan bekerja sama dengan masyarakat di seluruh dunia untuk mengidentifikasi dan meningkatkan kesadaran akan sumber polusi lokal, dam untuk membangun koalisi terfokus yang memberikan intervensi yang mengarah pada udara yang lebih bersih dan lebih sehat. Program lima tahun ini akan membangun kapasitas untuk solusi mandiri yang disesuaikan, yang mengurangi polusi udara dan meningkatkan kesehatan manusia di negara-negara berkembang.

Sebagai bagian dari program ini, EJN menawarkan hibah liputan dan bimbingan kepada jurnalis di Jakarta untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas peliputan isu tersebut, mengingat media massa sangat penting dalam membentuk perspesi publik serta kebijakan seputar polusi udara.

 

Tema Liputan

Kami menyambut baik ide liputan yang fokus pada polusi udara, khususnya di Jakarta dan kawasan sekitarnya, serta ancaman yang ditimbulkannya terhadap penduduk setempat.

Jurnalis dapat mengeksplorasi dampak polusi udara pada lingkungan lokal, ekonomi, kesehatan, dan pembangunan, di antara topik lainnya. Kami menyambut proposal liputan berbasis solusi yang berfokus pada tindakan untuk mengurangi tingkat polusi udara dan meningkatkan kualitas udara di Jakarta dan kawasan sekitarnya.

Kami sangat tertarik dengan ide liputan yang bertujuan untuk melaporkan polusi udara dengan mempertimbangkan kesensitifan gender dan ide yang berpusat pada isu gender, terutama di komunitas yang sangat rentan terhadap polusi udara. Ide-ide yang telah mendapat banyak liputan media atau tidak memasukkan perspektif gender terhadap tantangan polusi udara cenderung tidak kami perhitungkan.

Kami berharap untuk mendukung produksi liputan yang meningkatkan kesadaran tentang polusi udara di antara masyarakat dan pembuat kebijakan di tingkat lokal, nasional, dan regional.

 

Kelayakan

Jurnalis dari Indonesia layak untuk mengirimkan aplikasi. Aplikan yang berpartisipasi dalam lokakarya media Clean Air Catalyst yang diadakan di Jakarta pada tanggal 2-4 Agustus 2022 akan diberikan preferensi.

Aplikasi dari kelompok jurnalis tetap layak. Namun, proposal harus dibuat atas nama aplikan utama yang akan bertanggungjawab untuk berkomunikasi dengan EJN dan menerima dana hibah mewakili kelompok, jika terpilih.

Untuk kesempatan hibah ini, EJN menerima aplikasi dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Liputan yang dihasilkan dapat dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Kesempatan ini terbuka untuk jurnalis yang bekerja di media apa pun (online, cetak, televisi, radio) dan para praktisi media lainnya yang memiliki pengalaman liputan dan riwayat meliput isu-isu lingkungan. Kami juga menerima aplikasi dari jurnalis pemula dan reporter berpengalaman dengan rekam jejak meliput polusi udara. Kami mendorong aplikasi dari jurnalis lepas dan staff dari semua organisasi media – internasional, nasional, lokal, dan berbasis-komunitas.

EJN berhak untuk mendiskualifikasikan pemohon dari pertimbangan jika terbukti terlibat dalam perilaku profesional yang tidak etis atau tidak pantas.

 

Logistik liputan

Kami berharap memberikan hibah hingga  14 liputan dengan besaran anggaran rata-rata $1000 (Rp14,000,000). Secara umum, aplikasi dengan anggaran yang lebih kecil akan lebih kompetitif, namun kami akan mempertimbangkan hibah dengan anggaran yang lebih besar untuk liputan yang menggunakan pendekatan inovatif, kolaboratif atau investigatif, yang mungkin membutuhkan dana lebih besar dan memakan waktu.

Kami berencana memberikan hibah ini pada bulan September dengan harapan bahwa semua liputan sudah akan diterbitkan paling lambat pada akhir bulan November. Pemohon perlu mempertimbangkan jadwal waktu ini ketika menyusun rencana kerja mereka.

Keselamatan: Kami menganjurkan para jurnalis untuk mengikuti praktik terbaik untuk Covid-19 ketika melakukan kerja lapangan agar tidak membahayakan diri sendiri maupun narasumber yang akan anda wawancara. Jika diperlukan, pemohon perlu memasukan biaya tekait Covid seperti tes atau alat pelindung diri dalam anggaran anda.

Bahasa: Hasil liputan dapat diproduksi dalam bahasa apa pun. Namun, pemohon yang akan menulis atau memproduksi liputan dalam bahasa lokal perlu juga memasukan biaya penerjemahan dalam anggaran mereka bila perlu.

Anggaran: Semua aplikan diminta untuk memberikan anggaran terperinci beserta justifikasi untuk jumlah yang diajukan dengan menggunakan template yang disediakan. Kami meminta anda untuk mempertimbangkan apa saja yang anda akan butuhkan untuk melakukan peliputan ini. Kami mohon anggaran yang diajukan masuk akal dan memperhitungkan juga biaya-biaya yang dibutuhkan untuk liputan seperti untuk perjalanan, dan penginapan.

Kami berharap liputan dihasilkan menggunakan peralatan yang sudah ada atau dimiliki atau dapat diakses oleh pemohon (termasuk kamera, drone, lampu, tripod, dsb) dan kami akan lebih permohonan yang tidak mengalokasikan anggaran yang besar untuk peralatan.

Kami akan mempertimbangkan tunjangan untuk wartawan, terutama jika aplikan adalah jurnalis lepas. Namun, kami berharap jumlah tunjangan ini tidak melebihi 30% dari total anggaran.

Pengakuan atas dukungan EJN: Kami mohon liputan dan/atau siaran yang diterbitkan dapat menyatakan dukungan EJN dengan menyertakan tagline berikut: “Liputan ini diproduksi dengan dukungan dari Internews’ Earth Journalism Network.”

Hak republikasi: Mereka yang menerima hibah memiliki kebebasan untuk terlebih dahulu menerbitkan atau menyiarkan liputan mereka di media dimana mereka terafiliasi, selama Internews’ EJN, proyek Clean Air Catalyst dan pemberi dana hibah, Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) juga diberikan hak dan kebebasan untuk mengedit, menerbitkan, menyiarkan, dan mendistribusikan hasil liputan tersebut.

 

Kriteria penjurian

Pemohon perlu mempertimbangkan beberapa poin dibawah ini ketika menyusun proposal liputan mereka:

  • Relevansi: Apakah proposal memenuhi kriteria dan obyektif dari panggilan? Kenapa liputan ini penting dan untuk siapa? Apakah ide utama, konteks, dan nilai secara keseluruhan terhadap audiens dipaparkan secara jelas?
  • Sudut pandang: Jika liputan ini sudah pernah di lakukan sebelumnya, apakah proposal anda membawa wawasan baru terhadap topiknya, atau menawarkan sudut pandang baru?
  • Dampak: Apakah proposal anda memiliki narasi atau elemen investigatif yang menarik yang akan menginformasikan dan melibatkan, menarik perhatian, memicu perdebatan dan mendorong aksi?
  • Storytelling yang inovatif: Penggunaan pendekatan kreatif, multimedia, dan visualisasi data merupakan nilai tambah.
  • Dukungan editor & rencana publikasi: Jurnalis, baik pekerja lepas atau pekerja di outlet media, perlu menyertakan surat dukungan dari editor dalam aplikasi mereka, yang juga menyatakan komitmen untuk menerbitkan liputan pada akhir November.

 

Proses aplikasi

  • Tekan tombol ‘Apply Now’ di bagian atas laman.
  • Jika anda memiliki akun, anda perlu log in. Jika belum, anda harus mendaftar akun baru dengan klik ‘Join the Network’ di bagian atas kanan laman.
  • Jika anda memulai permohonan dan ingin kembali untuk melengkapi di kemudian hari, anda bisa klik ‘Save Draft’. Untuk kembali ke draft, anda perlu kembali ke tombol ‘Opportunity’ dan klik ‘Apply Now’ untuk menyelesaikan aplikasi anda.
  • Aplikasi perlu menyertakan anggaran terperinci dengan justifikasi untuk jumlah yang diajukan. Unduh template anggaran sekarang dengan mengklik tautan ini.
  • Semua aplikan diminta untuk menyertakan surat dukungan yang ditandatangani oleh editor mereka, dan secara eksplisit menyatakan bahwa outlet media akan menerbitkan liputan yang dihasilkan sebagai hasil dari hibah ini.
  • Aplikan juga perlu mengirimkan dua contoh cerita atau tautan ke pekerjaan yang relevan.
  • Anda harus mengirimkan dua contoh liputan atau tautan liputan/karya anda yang relevan.

Catatan: Anda akan diminta untuk mengunggah  tautan contoh liputan setelah anda memulai proses permohonan, mohon dipersiapkan terlebih dahulu.

Jika anda mengalami kesulitan dalam proses mengirimkan aplikasi atau memiliki pertanyaan tentang hibah ini, silahkan kirim email ke [email protected]. Mohon untuk tidak menghubungi alamat email Internews lainnya mengenai kesempatan ini, karena kami tidak akan menerima pesan anda.

Aplikasi yang diajukan setelah batas waktu tidak akan dipertimbangkan. Harap pertimbangkan untuk mengirimkan setidaknya satu hari sebelum batas waktu untuk menghindari masalah dalam pengiriman aplikasi.


 Banner image: A hazy Jakarta at dawn / Credit: John and Melanie (Illingworth) Kotsopoulos via Flickr

By visiting EJN's site, you agree to the use of cookies, which are designed to improve your experience and are used for the purpose of analytics and personalization. To find out more, read our Privacy Policy